Tuesday, June 14, 2011

Tempat makan kenari

Kalau kita membeli sangkar kawat buatan luar negeri maka sangkar itu akan dilengkapi dengan tempat kosong sebagai tempat makanan dan minuman. Kalau sangkar itu merupakan sangkar yang kecil (untuk seekor burung kecil seperti burung kenari) kita akan mendapat tempat makanan & minuman yang terbuka. Sangkar besar biasanya dilengkapi. dengan tempat makanan & minuman yang tertutup. dari pengalaman ditemukan bahwa tempat makanan dan minuman burung kenari
perlu pula diperhatikan dan perlu disesuaikan. Artinya, pemakaian tempat yang ada itu agar disesuaikan dengan keperluan dan dengan melihat kepada hal-hal yang dapat diakibatkan olehnya. Tempat makanan/minuman yang terbuka umumnya kurang menguntungkan dibandingkan dengan tempat yang sifatnya tertutup.Marilah kita perhatikan tempat makanan/minuman yang tersedia di pasaran dewasa mi, terutama yang bersifat terbuka.
Keterbukaan tempat seperti itu dapat mengakibatkan kotoran burung yang suka bertengger di tempat makanan akan masuk ke tempat makanan itu. Apalagi kalau penempatan tempat makanan itu bersesuaian dengan kesenangan burung untuk bertengger di bagian itu (dan sangkar). Begitu •juga halnya dengan pemakaian tempat minum yang terbuka. Di samping kemungkinan terkena kotoran, burung kenari terkadang memasukkan dengan sengaja potongan kertas atau sisa hijauan ke dalam air minum. Selain itu burung juga akan mencoba untuk memakai air minum itu untuk mandi.
contoh tempat makan untuk sangkar kawat
Ada masalah yang muncul sehubungan dengan konstruksi tempat minum plastik buatan dalam negeri. Beberapa burung kenari penulis (dan burung kedil lain) mati karena terbenam atau terperosok ke tempat minum sewaktu mandi,karena tempat ini memiliki bagian atas yang menyempit. Untuk menghindari kejadian itu sebaiknya tutup dilepas.Pedagang burung banyak melepas bagian atas ini sehingga burung lebih leluasa untuk minum dan mandi tanpa kemungkinan terperangkap. menggunakan botol plastik kedil (bekas tempat kosmetik) yang dilubangi di bagian sisi atas dan cukup untuk kepala burung saja. Bagian atas botol (tempat tutup) diberi kawat untuk sangkutannya ke sangkar. Dengan memakai botol seperti itu praktis tempat minum burung selalu bersih. Sudah tentu tempat ini dapat pula dipakai sebagai tempat makanan bijian atau makanan tepung atau lainnya.
Dewasa ini ditemukan adanya tempat minum burung dan luar negeri yang berupa tabung dengan memiiki moncong kecil, melalui moncong itulah burung minum. Air akan turun sedikit-sedikit. Praktis air akan tetap bersih. Model seperti ini ada pula yang disodorkan oleh pembuat sebagai tempat makanan bijian burung. Bijian yang diambil burung nantinya akan terisi kembali oleh bijian dan tabung. Penggunaan sistem ini untuk makanan bijian menurut pengamatan penulis kurang mengena, sebab banyak bijian yang tercecer percuma kalau burung terlalu memilih bijian yang akan dimakannya.
Apa yang diutarakan itu perlu mendapat perhatian, apalagi bila sangkar itu diletakkan di dalam rumah karena percikan air dan ulah burung akan mengganggu (mengotori sekeliling). Kalau percikan mi mengganggu kita sebaiknya memakai tempat makanan/minuman yang bersifat tertutup. Beberapa contoh tempat makanan/minuman buatan dalam dan luar negeri disampaikan di sini melalui gambar sketsa juga tempat yang dapat dibuat sendiri.