Tuesday, June 14, 2011

keturunan baru


Hampir setiap melakukan perkawinan silang tentu tidak selalu mendapatkan hasil yang sama seperti induknya, melainkan tergantung dari gen darah yang dimiliki induk jantan atau betina. Untuk menghasilkan benar benar baik harus dilakukan secara berulang ulang baik itu dengan beberapa betina atau satu betina saja tergantung dari kualitas pejantanya,yang tujuanya untuk mendapat keturunan yang benar benar kita inginkan.
Jika ingin mendapatkan keturunan yang sesuai kita inginkan misalnya masing masing mendapat 50% dari kedua indukan, perkawinan silang dapat dilakukan lagi beberapa tahap, tapi jika prosentase perpaduanya 75% dari induk jantan dan 25% dari betina maka anakan yang jantan dapat dikawinsilangkan dengan kenari jenis lain yang sejenis dengan induk betina.
Hasil persilangan ini memang tampak dari segi keindahan bulunya dan keunikan bentuknya, sedang dari segi suara membutuhkan proses yang lebih lama. Namun kenari albino ( putih ) cenderung lebih lemah jika dikawinkan dengan warna lain. Anakan yang dihasilkan cenderung seperti induknya yang bukan albino. Tampak warna warna polos cenderung mempunyai gen darah kuat jika dikawinsilangkan ini akan menghasilkan anakan yang 75% sama dengan induknya.
Bagaimana mempertahankan hasil yang sudah sesuai dengan keinginan.? Hal inilah yang belumbanyak dilakukan oleh kalangan pengemar kenari lokal, jika telah mendapatkan anakan jantan dari persilangan serupa maka dilakukan persilangan lagi untuk manghasilkan kenari betina yang serupa. Agar darah kedua induknya menyatu dan tidak berubah kembali, paling tidak susah untuk dikawinsilangkan antara lima sampai tujuh kali, dan bisa di dapat anakan jantan dan betina, kedua kenari tersebut dapat dikawinkan dengan harapan dapat mendapatkan keturunan sesuai dengan induknya.
Jika sudah dilakukan berulang kali dan menghasilkan keturunan yang sama, berarti dapat dikatakan bahwa perkawinan silang tersebut telah menghasilkan teturunan baru. Sebagai contoh jika ingin menyilangkan black throat jantan dengan yokshire betina, sebaiknya anakan jantan dari persilangan pertama dikawinkan kembali dengan yokshire betina bukan induknya. Hasil dari persilangan tersebut anakan betina dari persilangan kedua dikawinkan kembali dengan blacktroat jantan, demikian selanjutnya diulang sampai 5 - 7 kali perkawinan silang. Yang paling diharapkan dari para peternak sekarang ini yaitu dapat menghasilkan keturunan baru misalnya blacken ( keturunan blacktroat dengan kenari ). Perkawinan silang ini dapat dikatakan berhasil apabila blacken dikawinkan dengan blacken tapi mengasilkan
blacken, untuk menghindari kecenderungan memiliki sifat jelek jangan sampai terjadi perkawinan sedarah, misalnya perkawinan antara saudara kandung atau anak dengan induk.