Tuesday, June 14, 2011

Telah disebut-sebut bahwa burung-burung kenari yang didapat dan didatangkan dan luar negeri umumnya memakai cincin di kakinya. Pada cincin ini akan ditemukan huruf dan angka yang mungkin merupakan nomor peternak yang tergabung pada organisasi peternak Pada cincin ini ditemukan pula tahun burung dilahirkan, sehingga kita dapatmengetahui umur burung yang bersangkutan untuk tahun - tahun mendatang. Dalam sebuah buku diterangkan bahwa di Inggris ada peraturan orang tidak boleh menjual burung-burung yang ada di wilayah Inggris, kalau burung itu tidak memakai cincin dikakinya. Jadi cincin merupakan tanda bahwa burung itu adalah burung ternakan, bukan burung tangkapan liar.
Hal ini disebabkan oleh adanya larangan menangkap burung di alam bebas melalui Undang-undang Perlindungan Burung yang muncul di tahun 1954. Cincin ini merupakan cincin bulat yang hanya dapat di pasang pada burung sewaktu burung ini ditetaskan dan mulai tumbuh sayapnya. Burung seperti yang ini umumnya berumur antara lima sampai sepuluh hari.
Cara memasang cincin adalah dengan cara menyatukan jari kaki burung yang tiga buah di bagian depan dan memasukkannya ke dalam cincin. Kemudian cincin didorongke arah kaki dengan jari belakang dibiarkan menyatu dengan kaki. Cara ini hanya dapat dikerjakan sewaktu burung masih sangat muda umurnya agar tidak merusak kaki burung.
Pemakaian cincin kaki ini tergantung dari