Tuesday, June 14, 2011

Jenis baru kenari


Kawin silang antara jenis kenari yang masing - masing mempunyai keungulan merupakan salah satu cara untuk selalu meningkatkan mutu kenari. Untuk mengahasilkan keturunan yang mempunyai kualitas baik cerdas, dan tidak mudah untuk kembali kesuara kenarinya atau ngleder.
Kenari frill bisa digunakan sebagai salah satu indukan, bisa sebagai indukan jantan atau indukan betina. Pasangan Kawin silang bisa dipilih kenari yokshire, border, waterlager, norwich, fusan atau jenis lain yang mempunyai kelebihan di bidang suara.
Bila peternak menginginkan postur yang baik dan suara yang bagus, yokshire bisa digunakan sebagai salah satu indukanya. Kenaru jenis ini memang ukuranya lebih besar tapi bentuknya sangat idel sebagai penyanyi, yaitu bertubuh ramping dan tegak dengan gelembung suara yang besar. Cirikhas yang dimiliki keturunan yokshire biasanya dibagian punggung agak bungkuk dan pangkal ekor bagian bawah memiliki bulu halus yang cukup tebal. Untuk mendapatkan keturunan dengan postur dan suara yang bagus, yokshire bisa dikawinsilangkan dengan : border, waterslager, frill, goldvink, norwich, atau fusan.
Black throat yang kini banyak dijadikan andalan untuk master kenari, membuat pengemar ingin menyilangkan dengan kenari. Kenyataanya meski ukuran black throat relatif lebih kecil dibanding kenari, persilanganya sudah banyak yang berhasil. Hasil silangan ini biasanya disebut sebagai Blackken.
Blackken dihasilkan dari persilangan antara black throat jantan dengan kenari betina, sangat bagus dan mudah dididik, terutama jika masternya mengunakan black throat. Yokshire bisa pula digunakan sebagai induk bila peternak menginginkan kenari bersuara bagus dan berbulu indah, hanya saja sebagai pasangannya adalah kenari yang memiliki aneka warna bulu seperti merah, hijau, kuning dan putih. Jika dikawinkan keturunanya berwarna bont atau belang. Sementara dari segi suaranya tetap mewarisi suara yokshire yang dikenal bersuara cristal serta mempunyai beberapa irama lagu.
Adanya kawin silang ini dapat menghasilkan keturunan baru tapi karena kuran dilakukannya pencatatan secara rapi sehingga sulit untuk dilacak asal usulnya terutama untuk peternak lokalan. Demikian pula akibat ketidak seriusan peternak indonesia, keberhasilan kawin silang tersebut belum bisa dikatakan melahirkan jenis baru.
Sementara hasil kawinsilang peternak luar negeri yang mendapat pengakuan, misalnya yokshire mendapat pengakuan hasil silangan antara kenari lancashire dan border. dan crested hasil persilangan antara norwich dan lanchashire.