Wednesday, June 15, 2011

Kendala itu Indah untuk Dikenang

Hari ini ada kejadian menarik mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua, kebetulan hari ini di kantor ada acara launching promo produk, saya lihat rekan-rekan kerja sedang sibuk bersama temen-temennya mengangkat meja meeting. Terlihat mereka kesulitan mengangkat meja meeting yang cukup besar, saya coba bantu mengangkatnya, tenaga yang saya keluarkan tidak terlalu besar hanya berusaha membantu mengangkat dengan sebelah tangan tetapi efeknya cukup besar, meja meeting dapat terangkat dan dikeluarkan dari ruangan meeting dengan mudah.

Dari kejadian diatas saya bisa mengambil 2 hikmah, pertama ketika kita bekerja secara bersama-sama beban yang berat akan menjadi ringan karena ada sharing tenaga…. Hikmah yang kedua adalah kadang-kadang kita kurang percaya diri, kadang-kadang kita lebih percaya akan kemampuan orang lain, padahal orang yang kita percaya kemampuannya juga tidak kuat-kuat amat.

Akhir-akhir ini saya sering mendapat email atau komentar dari rekan-rekan pemula yang mengucapkan terimakasih karena merasa tercerahkan dan merasa dibimbing dalam belajar beternak kenari. Sebetulnya justru yang hebat itu adalah rekan-rekan yang dengan sabar dan telaten melakukan semua apa yang saya tulis di blog. Sehebat atau sedetil apapun tulisan kalau tidak dilaksanakan dan di imbuhi kesabaran dan ketelatenan dalam pelaksanaanya maka tulisan tersebut tidak akan ada artinya.

Saya kadang-kadang iri terhadap rekan-rekan pemula yang sudah mulai berhasil beternak, karena saya sendiri hampir 8 bulan belum berhasil beternak burung kenari. Saya sangat merindukan mendengar suara anak-anak kenari di pagi hari ketika mereka rebutan makanan dari mulut induknya, saya kangen ingin melihat telor di dalam sarang. Namun yang namanya beternak burung kenari berbeda dengan mesin produksi dipabrik tidak bisa dilakukan secara instan, dalam beternak burung kenari dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Burung kenari merupakan makhluk hidup yang mempunyai ke mauan sendiri.

Jadi bagi rekan-rekan yang sudah berhasil beternak seharusnya mengucapkan terimakasih pada diri sendiri yang sudah berhasil mengoptimalkan jiwa sabar dan telaten dalam beternak kenari, saya hanya sekedar menulis apa yang ada dipikiran saya hehe….. Bagi rekan-rekan yang belum berhasil dalam beternak jangan berkecil hati karena insya Allah suatu hari burung kenari kesayangan Anda akan berhasil mempunyai anak …. Anda beruntung belum berhasil beternak kenari, karena dengan menemui banyak kendala maka semakin banyak ilmu yang didapat. Dengan menghadapi kendala maka Anda akan berusaha bertanya, memperhatikan karakter dari indukan tersebut dan yang paling Utama Anda diajari untuk bersabar. Jalani saja seluruh proses dalam beternak dengan sabar…. Intinya pada saat menemui kendala anda jangan berkecil hati atau malah menghindari kendala karena dengan adanya kendala Anda akan banyak belajar. Dengan menghindari kendala (umpamanya ganti indukan atau ganti ternak binatang lain) tidak akan ada jaminan dibidang lainpun tidak mememui kendala. Kendala bukan dihindari tetapi harus dipecahkan. Saya sudah bahas di blog ini bahwa kendala itu indah untuk dikenang. Kendala-kendala yang dihadapi akan menjadi kembang cerita ketika sukses nanti…. Upsss… kok malah ngajarin hehe…..

Last but not least beruntung kita hobi memelihara burung kenari, setiap pagi sambil minum teh kita bisa mendengarkan nyanyian dari burung kesayangan…. Di hari libur kita punya media untuk melepaskan kepenatan dari kesibukan ditempat kerja…. Sekian dulu tulisannya semoga menjadi obat kekangenan kita bersama… Buat om Fediyan dan om Afiudin terimakasih sudah mampir ke rumah, Alhamdulillah rasa kangen ingin berkumpul sesama kenarimania dan ngobrol ngalor ngidul mengenai kenari terobati sudah…