Wednesday, June 15, 2011

Blasteran kenari

Selamat pagi Kenari mania !!!!!
Semalem saya iseng-2 baca buku canary handbook, dan saya ada informasi yg bagus sekali sehubungan dengan burung blasteran khususnya kenari.
Saya rasa info ini sangat baik untuk kita jadikan bahan pertimbangan untuk berternak atau membelinya.

Kenari seperti burung-2 lainya dapat dikawinkan dengan burung lain yg satu famili.
Contohnya dengan: Mozambik, B-trhoath, siskin, red sparow, greenfinh dll.nya
Dijawa saat ini paling digandrungi adalah black-can. Istilah untuk silangan Blacktroath dan Canary. Dengan harga yg cukup tinggi Rp. 700 rb keatas.

Menurut buku yg saya baca, hasil blasteran antar kenari dengan burung lain akan menghasilkan burung yg Banci. Yang mana jika burung tersebut dikawinkan kembali,
maka turunannya cendrung tidak jadi/mati dalam telur. Tetapi memang ada probabilitas yg kecil jika burung itu tetap hidup, sehingga dapat menurunka jenis-2 baru.
Seperti Gloster (eropa kenari+kenar liar) & yorkshire (Walet merah
mexico).

Jadi pertimbangkan dahulu masalah tersebut sebelum anda mulai menyilangkan atau membeli blasteran Kenari. Untuk dapat menghasilkan kenari jenis baru, tidak semudah dengan hanya menghasilkan anakan sekali, tapi harus terus menerus.

Jika saya bandingkan bahan bacaan di Indonesa (buku-2 burung dan majalahnya), Bacaan kita ini masih dikelas SD mau masuk SMP (heehe).
Trubus yg banyak sarjananya saja tidak pernah mengulas permasalahan ini. Lebih banyak ke masalah peluang bisnis dan pelatihan (kata lainnya, cuma cari untung doang). Coba teman-teman lihat toko buku, semua bahan bacaan soal burung isinya hampir sama. Sayang sekali !!!! (saya ada 5 buku kenari
indonesia) Harusnya di milis kita ini ada juga dari IPB bogor
jadi bisa berinteraksi dengan keilmuannya. Pengarang buku kenari yg terbaik, mantan pilot
(Suseno) Enggak ada embel-2 peternakan. Buku yang lainnya saya anggap kurang memadai(Asal).

Saya harapkan kita bisa bikin masukan banyak-2, agar dari forum ini nantinya kita bisa terbitkan karya ilmiah (paling tidak buku petunjuk soal Kenari).