Wednesday, June 15, 2011

Gaya tarung kenari

aaf skedar sharring, untuk gaya tarung kenari (saat ngotot) ada berbagai macam:
- jalan kanan - kiri secara aktif di 1 tangkringan, ada juga jalan kiri-kanan skali pindah ke tangkringan lain jalan lagi.
- muter di 1 tempat secara aktif maupun sekali2 (istilahnya gaya helikopter)
- sambil goyang badannya tapi dalam 1 tempat.
- ada yg kombinasi diatas sambil buka sayap
masih ada berbagai gaya tapi saya rasa merupakan kombinasi diatas. Yang paling pokok adalah irama lagu, speed, volume (lebih diutamakan yang kristal), variasi dan panjang nafas. Jangan lupa juga konsistensi dari kenari tersebut dalam membawakan gaya, klo bisa dihindari turun didasar kandang.

Untuk melatih nafas ada beberapa cara yg sering diterapkan baik untuk bahan juga untuk yg sudah gacor :
- jemur kuat dari jam 7:00 sampe jam 11:00 dengan minum sdikit aja dan sediakan buah (apel atopun pepaya) stelah jemur angin2 sbentar sediakan air untuk mandi. klo sudah kelihatan sudah kering bisa dikrodong. Sore buka krodong dan ganti makanan yg tersisa, klo bisa buah/ sayuran jgn diberikan utk menghindari busuk. Cukup biji2an saja.
- Besok menu buah diganti dengan sayuran tapi pemberian setelah jemur.
- Jgn lupa berikan grit untuk mengasah paruh dan membersihkan lendir yg terdapat dipita suara selain utk membantu pencernaan.

Sedangkan untuk melatih variasi maupun irama lagu termasuk speed bisa digunakan master:
- Prenjak yg ngeroll dan nembak
- BT yg miji
- Klo ada kenari WS dan YS cukup membantu, biasanya saya sudah dapat yg mempunyai dasar lagu 2 jenis ini terkadang dikombinasi dengan jenis Fusan.

Sumber : http://www.kicaumania.org