Wednesday, June 15, 2011

Melatih kenari geser kanan kiri

Memang ada betulnya Komentar Akang - Akang dan Mas - Mas bahwa semua itu adalah bawaan atau karakter dari burung kenari tsb apa lagi kalau yang buka sayap.

Namun saya punya pendapat lain, dari yang asalanya bunyi ngerol tapi nanceb/ posisi burung diam tidak bergeser kekiri dan kekanan menjadi bisa bunyi ngerol sambil bergerak kekiri dan kekanan tapi tanpa buka sayap dengan cara melatih kenari tsb secara rutin dan penuh kesabaran, caranya antara lain :

1. Kenari Jantan dikandang dalam posisi dikerobong dengan kain kerobong yg tebal atau dibuat dari kertas karton warna hitam dibuat melingkar dengan ventilasi dari atas jeruji kandang.

2. Sediakan 2 (dua) ekor kenari betina yg sudah cukup umur/ dewasa dalam kandang masing-masing tanpa dikerobong dan di simpan bersebelahan di depan kandang kenari jantan dengan jarak + 2 atau 3 meter.

3. Kerobong tebal kenari jantan di berikan dua buah lubang disebelah kiri dan kanan dengan berdiameter + 10 Cm, dengan maksud supaya kenari Jantan sedang berbunyi akan bergerak kekiri dan ke kanan untuk melihat 2 ekor betina di depannya yang tersimpan bersebelahan.

4. Dengan dilatih setiap hari secara begitu lama kelamaan si kenari pejantan tersebut setiap lagi berbunyi ngerol di depan lawan, akan berbunyi ngerol sambil melakukan gerakan kekiri dan kekanan seperti kebiasaan dalam latihan rutin.

Nah buat Rekan's yg mempunyai burung kenari bersuara bagus, body bagus, irama lagu indah dan volume keras silahkan mencoba, siapa tahu akan mendapatkan nilai tambah dalam nilai gaya pada kenari kesayangan dan andalan yang di Jagokan dalam berlomba.

Sumber http://www.kicaumania.org