Wednesday, June 15, 2011

Memilih kenari konters

Tips Ringan Memilih Kenari KontesMay 8, '07 3:01 AM
untuk semuanya

Sekedar tambahan,

1. Kenari Suara keras ( istimewa di volume ), Kenari Bawa lagu enggak putus putus ngeroll terus ( istimewa di panjang lagu ), Kenari bawain lagu nya enak/variasi banyak ( istimewa di lagu ), Kenari Joget joget pas bunyi, Nungging, Ngering, Buka sayap ( istimewa di gaya ), Kenari kerja nya enggak stop stop dari awal sampe akhir ( istimewa di kerja ).

1.1 sub katagori : Burung warna merah!, Orange!, Bon merah ! ( Istimewa di warna ), Burung Jambul,F1, F2, Badan panjang rek !!! ( istimewa di postur )

Nah dari di atas analisa burung masing masing burung di rumah sepert apa ? kelebihan di mana ? Lawan di lomba bagaimana ( mengetahui lawan penting jangan komplain ke juri/korlap/panitia saja sedangkan kita tidak tahu yang menang burung seperti apa) ? apakah pernah dengar musuh lagu nya seperti apa ? panjang lagu seperti apa ?, Kerja bagaimana ?

Bila didapatkan kombinasi dari point 1 Misal burung Suara keras, panjang = Super istimewa, Suara keras lagu enak/variasi banyak = super istimewa, Suara keras lagu enak dan panjangggggg = Sangat istimewa, Suara keras lagu enak gaya buka sayap = sangat istimewa, Suara keras lagu enak, panjang, buka sayap dan kerja non stop = Idaman semua pemilik burung kenari .

Untuk kenari lomba di kategorikan simple aja dulu istimewa dimana ?? di analisa kurang dimana lebih dimana ? dan di akalin biar mendekati sempurna.

Untuk saya pribadi pemilihan kenari di awali dengan Lagu panjang, volume cukup/krystal ( jangan terlalu keras karena burung keras cenderung ngeroll pendek pendek ) dan kerja baik. Ini sudah sangat ideal sisanya lagu bisa di otak atik .
Untuk variasi semakin banyak semakin baik jangan yang cuma 3 variasi di ulang ulang terus ( kadang ada yang panjang lagu nya cuma monoton di ulang terus) model kenari taiwan gitu.

Jelas makin bagus dong kemasukan BT saya kan bilang semakin banyak variasi semakin istimewa, tapi patut di ingat kira kira berapa % kemasukan BT nya ? sisanya yang masih kenari berapa % ? ( dari total 100 % lagu ). Jangan kebanyakan pak kalo kebanyakan ke isi nya nanti masuk kelas kenari isian hehehehe. Pokok nya suara burung jenis lain hanya sekedar pemanis variasi yang penting lagu kenari masih mendominasi.

Kadang kenari susah untuk di paksa mengisi di bagian lagu tertentu dia akan mengisi suara burung lain sesuka dia misal lagu BT di depan tengah tetap kenari ya di dengarkan saja pak makin enak atau tidak itu lagu nya hehehe. Kalo saya sih seneng kalo aneh lagu nya antik enggak ada yang punya dan susah di dapat. Makin antik selera saya makin suka enggak tau deh kalo juri ( istilah nya nyeleneh kan pak ? ). Sekali lagi patut di ingat kalau buat lomba di kelas kenari standard yang penting mayoritas lagu nya masih lagu/variasi standard burung kenari.

Pokoknya kalo mabung cari kenari yang ngelagu/bervariasi banyak/WS trus tempel saja sebelah nya pak. Yang biasa di pakai buat kenari tuh : WS, Yorkshire ( cengkok cengkok ngeroll nya jelas ), Ciblek ( biasanya buat tembakan nya ), Burung kacamata ( desisan biasanya masuk ), Jalak suren, Lovebird, Blackthroat family ( Blackthroat, Sanger, Mozambic, Blacksang, Blackmos dll ), bahkan Anis kembang.

Soal warna masih kontroversi tuh pak. Ada yang bilang penting ada yang tidak. Sepemantauan saya contoh burung warna tidak favorite seperti Hijau ada tuh temen saya di surabaya burung nya baru di transfer 35 juta ( bisa di pertanggung jawabkan ) warna nya hijau menang juara 1 nya udah enggak bisa di hitung di berbagai blok, Ingat Rudal milik sin Ronny Surabaya ? warna nya hijau juga pak. Juga warna starblue contoh milik achun owen bernama Kapsul sudah meraja lela di keliling pulau jawa ( pernah menang kapolri cup ).
Kalau mau bilang warna penting jelas itu bertolak blakang. kalau saya sih tadi itu Lagu panjang, Volume cukup kerja bagus sisanya bisa menyusul.

Experiment saja pak pengalaman tidak ada harganya tulisan hanya sebagai referensi.

Sumber : om Yongki

http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?t=188